Hubungi Kami

+62813181478

Email Kami

[email protected]

ISO 19650

ISO 19650 adalah standar internasional untuk badan usaha penyelenggara di bidang konstruksi.

Apa itu ISO 19650

ISO 19650 adalah standar internasional dalam pengaplikasian Building Information Modeling (BIM). Standar ini berupa sebuah metode untuk mendapatkan produktivitas dan keuntungan yang lebih baik lewat spesifikasi detail dan menyampaikannya dengan jumlah yang tepat pada fase desain, perencanaan, konstruksi, manajemen gedung dan infrastruktur menggunakan teknologi yang sesuai. Standar ini diciptakan oleh Pemerintah Inggris untuk melakukan transformasi digital guna meningkatkan ekonomi negara.

BIM dengan menggunakan standar ISO-19650 ini diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan hasil yang berkualitas.

Standar ini dirilis pada bulan Desember 2018. ISO 19650 memiliki 4 standarisasi utama yang dibedakan menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsinya.

Mengapa Harus ISO 19650?

Menurut pengertiannya, dapat disimpulkan bahwa ISO 19650 sangat penting untuk standarisasi penyelenggaraan informasi terkait pekerjaan di bidang konstruksi dan infrastruktur. Oleh sebab itu standar ini harus diterapkan agar pembangunan berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya implementasi ISO 19650 pada proyek BIM.

1. Manajemen Data yang Efektif: Penerapan ISO 19650 dapat membantu organisasi agar lebih konsisten dalam melakukan manajemen data selama proyek pembangunan berlangsung. Dengan mengikuti panduan dan prinsip yang ditetapkan dalam standar ini, organisasi bisa meningkatkan keefektifan data serta melakukan identifikasi, penyimpanan maupun pertukaran informasi.

2. Meningkatkan Kolaborasi dan Koordinasi: Standar ini mendukung terjadinya kolaborasi dan koordinasi yang lebih baik dari pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan dan infrastruktur. Dengan memastikan bahwa proyek bisa dengan mudah diakses dan dipahami oleh seluruh pihak yang terlibat, maka penerapan ISO 19650 ini dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan mengurangi potensi risiko kesalahan.

3. Meningkatkan Akuntabilitas: Penerapan ISO 19650 pada proyek BIM amat penting karena dapat membantu meningkatkan transparansi dalam manajemen informasi. Dengan demikian informasi terkait proyek dapat dipantau dan diaudit secara lebih terstruktur sehingga menciptakan dasar akuntabilitas yang kuat.

4. Meningkatkan Produktivitas: Selain itu, implementasi ISO 19650 dapat meningkatkan produktivitas apabila berfokus pada peningkatan kinerja industri konstruksi. Terutama jika para stakeholder ikut berkolaborasi dan penerapannya dengan benar.

5. Mengoptimalkan Biaya: Penerapan standar ISO 19650 membantu organisasi dalam mencapai efisiensi manajemen informasi, mengurangi repetisi dan meningkatkan penggunaan data yang sudah ada. Dengan demikian, organisasi dapat mengoptimalkan biaya dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan serta mengelola informasi secara efisien.

Mengapa Harus Sertifikasi ISO 19650 dengan Nusacert?

Keahlian Teknis

Tim kami terdiri dari para ahli berpengalaman lebih dari 30 tahun, yang berdedikasi dengan pengetahuan yang mendalam tentang standar ISO dalam berbagai industri.

Pengakuan & Akreditasi

Nusacert mendapatkan Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional, artinya proses sertifikasi Nusacert diawasi dan telah diakui Nasional dan Internasional. Keabsahan sertifikasi Anda dapat divalidasi di iafsearch.org.

Dukungan Berkelanjutan

Kami percaya bahwa sertifikasi ISO bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan peningkatan berkelanjutan bisnis Anda. Nusacert memberi dukungan berkelanjutan untuk membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan Sistem BIM Anda.

Transparansi & Integritas

Kami berkomitmen untuk menjaga transparansi dan integritas dalam semua proses kami. Kami pastikan tidak ada hidden cost atau biaya diluar kesepakatan. Validasi yang mudah dapat dicek melalui qr code yang terhubung langsung dengan portal pengakuan dunia, iafsearch.org.

Efisiensi Biaya

Kami memberikan solusi biaya yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas layanan dan hasil akhir.

Akses Gratis Short Course

Kami percaya bahwa sertifikasi ISO bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan peningkatan berkelanjutan bisnis Anda. Nusacert memberi dukungan berkelanjutan untuk membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan Sistem BIM Anda.

NUSACERT

Mengapa Sertifikasi ISO Penting?

Sertifikasi ISO adalah investasi yang berharga bagi perusahaan Anda. Di Indonesia, sejumlah standar ISO telah diadopsi menjadi bagian dari regulasi yang harus dipatuhi. Contohnya, ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 21001, dan standar lainnya telah menjadi peraturan yang harus diterapkan. Nusacert sebagai Lembaga Sertifikasi yang berdedikasi untuk mendukung organisasi di Indonesia dalam menjamin komitmen terhadap kualitas, keamanan, dan keberlanjutan untuk kredibilitas bisnis yang lebih tinggi serta kepercayaan pelanggan yang lebih luas.

Frequently Asked Questions

Sertifikat ISO umumnya berlaku selama tiga tahun setelah sertifikasi pertama kali didapatkan. Namun selama 3 tahun, ada proses maintenance audit/surveillance audit untuk memastikan bahwa sistem masih konsisten diterapkan.

Setelah tiga tahun, perusahaan perlu melakukan audit ulang keseluruhan sistem.

Application Form

Download application form melalui tombol di bawah ini.