Hubungi Kami

+62813181478

Email Kami

[email protected]

ISO 55001

ISO 55001 adalah standar internasional untuk Sistem Manajamen Aset.

Apa itu ISO 55001

ISO 55001 adalah standar internasional yang dikembangkan pada tahun 2004 oleh beberapa organisasi yang dipimpin oleh Institut Manajemen Aset yang kemudian mengalami revisi substansial dan kembali dirilis pada tahun 2014. ISO 55001 berisi mengenai Manajemen Aset yang menjelaskan tentang gambaran umum, prinsip-prinsip dan terminologi. Selain itu, standar ini bisa diterapkan ke semua jenis aset dan skala organisasi.

Mengapa Harus ISO 55001?

ISO 55001 bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang optimal dengan biaya paling efisien agar kegiatan operasional bisa berjalan secara sistematis dan efektif. Oleh sebab itu pengimplementasian standar ini sangat penting untuk jalannya suatu bisnis atau usaha. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya penerapan ISO 55001.

1. Meningkatkan Kinerja Aset: Dengan adanya sistem manajemen aset yang terstruktur, maka organisasi atau perusahaan dapat meningkatkan kinerja aset yang sudah ada secara optimal. Hal ini dikarenakan ISO 55001 memberikan panduan mulai dari tahap perencanaan, pengembangan, pengoperasian hingga pemeliharaan aset.

2. Mengoptimalkan Biaya: Penerapan standar ISO 55001 juga dapat membantu mengoptimalkan biaya operasional dengan efektif. Dengan panduan perencanaan dan pemeliharaan preventif aset, organisasi atau perusahaan dapat mengelola anggaran biaya untuk siklus hidup aset dengan lebih baik. Penyusunan anggaran dana pun bisa lebih praktis dan fleksibel sehingga memungkinkan dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

3. Mengurangi Potensi Risiko: Selain itu, penerapan standar ini juga dapat mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengelola potensi risiko yang memungkinkan terjadi pada aset dan karyawan yang menggunakannya. Dengan melakukan manajemen risiko yang efektif, dampak risiko terhadap kegiatan operasional maupun finansial dapat dihindari.

4. Menghemat Pengeluaran Dana: Penerapan ISO 55001 juga dapat membantu organisasi dari segi finansial dengan cara mencegah pembelian barang atau aset secara berlebih. Dengan manajemen aset yang baik, maka kinerja dan kondisi aset akan tetap terpantau secara berkala sehingga dapat menghindari pembelian aset baru dengan kegunaan yang sama. Anggaran dana bisa efektif untuk pemeliharaan aset yang sudah ada guna mengoptimalisasi kinerjanya.

5. Membantu Monitoring Aset: Pentingnya penerapan ISO 55001 yang berikutnya adalah agar organisasi atau perusahaan dapat monitoring atau mengawasi penyusutan aset perusahaan dari waktu ke waktu. Standar ini berperan penting untuk kegiatan operasional dan finansial organisasi secara sistematis.

Mengapa Harus Sertifikasi ISO 55001 dengan Nusacert?

Keahlian Teknis

Tim kami terdiri dari para ahli berpengalaman lebih dari 30 tahun, yang berdedikasi dengan pengetahuan yang mendalam tentang standar ISO dalam berbagai industri.

Pengakuan & Akreditasi

Nusacert mendapatkan Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional, artinya proses sertifikasi Nusacert diawasi dan telah diakui Nasional dan Internasional. Keabsahan sertifikasi Anda dapat divalidasi di iafsearch.org.

Dukungan Berkelanjutan

Kami percaya bahwa sertifikasi ISO bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan peningkatan berkelanjutan bisnis Anda. Nusacert memberi dukungan berkelanjutan untuk membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan Sistem Manajamen Aset Anda.

Transparansi & Integritas

Kami berkomitmen untuk menjaga transparansi dan integritas dalam semua proses kami. Kami pastikan tidak ada hidden cost atau biaya diluar kesepakatan. Validasi yang mudah dapat dicek melalui qr code yang terhubung langsung dengan portal pengakuan dunia, iafsearch.org.

Efisiensi Biaya

Kami memberikan solusi biaya yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas layanan dan hasil akhir.

Akses Gratis Short Course

Kami percaya bahwa sertifikasi ISO bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan peningkatan berkelanjutan bisnis Anda. Nusacert memberi dukungan berkelanjutan untuk membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan Sistem Manajemen Aset Anda.

NUSACERT

Mengapa Sertifikasi ISO Penting?

Sertifikasi ISO adalah investasi yang berharga bagi perusahaan Anda. Di Indonesia, sejumlah standar ISO telah diadopsi menjadi bagian dari regulasi yang harus dipatuhi. Contohnya, ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 21001, dan standar lainnya telah menjadi peraturan yang harus diterapkan. Nusacert sebagai Lembaga Sertifikasi yang berdedikasi untuk mendukung organisasi di Indonesia dalam menjamin komitmen terhadap kualitas, keamanan, dan keberlanjutan untuk kredibilitas bisnis yang lebih tinggi serta kepercayaan pelanggan yang lebih luas.

Frequently Asked Questions

Sertifikat ISO umumnya berlaku selama tiga tahun setelah sertifikasi pertama kali didapatkan. Namun selama 3 tahun, ada proses maintenance audit/surveillance audit untuk memastikan bahwa sistem masih konsisten diterapkan.

Setelah tiga tahun, perusahaan perlu melakukan audit ulang keseluruhan sistem.

Application Form

Download application form melalui tombol di bawah ini.